SEJARAH LAHIRNYA BARUCI DARI SECANGKIR KOPI

SEJARAH LAHIRNYA BARUCI DARI SECANGKIR KOPI

  Sejarah Lahirnya BARUCI

          Antara kopi dan komunitas,,,,,,seakan tidak percaya tapi inilah yang terjadi.Kegemaran minum kopi ternyata bisa menciptakan sebuah komunitas.Betapa tidak,dengan secangkir kopi hangat orang bisa asik ngumpul bareng untuk bercerita tidak perduli latar belakang dan budayanya.Bpk Maulana Yusuf sebagai founder sekaligus owner dari CV KARYA BERSAMA yang memproduksi sarung tangan kulit yang terletak di kabupaten Garut dan saat ini mampu menyerap tenaga kerja sekitar 300 tenaga lokal dan pabrik sarung tangan karet di Wanareja yang saat ini memiliki tenaga kerja 9 orang sekaligus owner dari sandal Kenthir yang diproduksi di Ponpes Rubat Mbalong Ell Firdaus kedungreja,Cilacap.Dengan memberdayakan santri-santri ponpes untuk berkarya,sehingga bukan hanya ilmu akherat yang didapat oleh para santri nantinya tapi skill atau ketrampilan sebagai bekal setelah keluar dari pesantren pun mereka dapatkan.

          Beliau sangat suka sekali ngopi.Berawal dari kegemarannya minum kopi inilah akhirnya,Bpk Maulana Yusuf sering mengadakan pertemuan dengan temen-temen pengusaha yang lain dalam rangka acara minum kopi bersama untuk mengisi kejenuhan setelah sibuk bekerja,selain itu dalam rangka untuk mempererat tali silaturokhim.

          Pada awalnya,acara minum kopi biasa antara pengusaha-pengusaha di daerah Pangandaran-Cilacap-Banyumas yang pada akhirnya membentuk sebuah komunitas yang di beri nama komunitas PANCiMAS.Ternyata tidak cukup disitu,karena sudah terasa cukup erat hubungan kekeluargaan yang terjalin antara satu anggota dengan yang lainnya maka dengan persetujuan anggota yang lain Bpk. Maulana Yusuf sebagai penggagas dan pendiri komunitas PANCiMAS memanfaatkan tekhnologi sosial media membuat whatsapp dan facebook grup PANCiMAS.

        Seiring dengan waktu anggota komunitas grup whatsapp PANCiMAS semakin terus bertambah,dan untuk merealisasikan keakraban yang terjalin dengan anggota yang lain maka para anggota komunitas mengadakan acara ngopi bersama PANCiMAS.Dari beberapa kali pertemuan antara anggota-anggota grup dari rangkaian acara NGopi bareng PANCiMAS sesion I-sesion VI yang sempat di hadiri oleh wakil Bupati Cilacap Bpk. Syamsul Aulia Rahman di sesion V.

        Dan pada puncaknya di acara NGopi Bareng PANCiMAS sesion VI yang dalam kesempatan kali ini menampilkan Dua Motivator Cilacap Ibu Euis Rohaini owner dari batik RAJASAMAS Maos dan Bpk. Lulu II Maknun pakar hipnoterapi Cilacap dengan tema "Motivasi Bisnis Untuk Pemula" melahirkan sebuah gagasan dan ide baru,untuk lebih memperat tali silaturokhim antar anggota dan mendirikan sebuah usaha bersama yang berorientasi pada kebangkitan ekonomi kerakyatan untuk mengangkat golongan menengah kebawah serta merangkul para pelaku usaha UMKM/UKM yang ada di area PANCiMAS.

        Untuk merealisasikan usaha bersama tersebut maka terbentuklah sebuah badan usaha koperasi yang diberi nama Koperasi Bambu Runcing Cilacap.Koperasi Bambu Runcing Cilacap ( BARUCI ) diharapkan mampu menjadi pioneer pemasaran dan penggerak produk-produk UMKM/UKM yang ada di area PANCiMAS dan sebagai gerakan dasar sosial untuk mengangkat derajat golongan menengah kebawah.  

        Dari secangkir kopi hangat bisa melahirkan sebuah pemikiran dan inovasi dahsyat.Salam kopi hangat dari kami Koperasi Bambu Runcing Cilacap.  

          

Artikel Terkait

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook

Kontak

Ruko PANCiMAS
Jl.Raya Kedungreja No 159 Kedungreja
Kab. Cilacap


0819-123-133-99 / 0821-123-133-99
admin@baruci.com / info@baruci.com / koperasibaruci@gmail.com

Langganan

Back to Top